10 Daftar Tempat Wisata Cirebon yang Harus Anda Kunjungi

Info Tempat Wisata CirebonInfoPariwisata – Cirebon adalah salah satu kota tertua yang ada di Pulau Jawa, tepatnya di Jawa Barat dan tepatnya berada di pesisir utara Jawa atau yang lebih dikenal dengan jalur Pantura (pantai utara). Karena letak geografisnya, Cirebon menjadi salah satu jalur utama penghubung anatra kota Jakarta, Semarang, dan Surabaya.

Cirebon memili perkembangan yang pesat dan menjadi kota ke tiga yang memili kemajuan yang luar biasa setelah Bandung, dan Bekasi. Sealma ini Cirebon dikenal dengan kerajinan batiknya, dan itu yang menjadikan Cerebon sebagai salah satu penghasil kerajinan batik terbesar di pesisir Jawa.

Nah, sebelum membahas lebih jauh tentang “10 Daftar Tempat Wisata Cirebon yang Harus Anda Kunjungi”, ada baiknya jika kita berkenalan terlebih dahulu dengan kota ini.

Cirebon berasal dari kata saruban, Cirebon adalah sebuah dukuh kecil yang dibangun oleh Ki Gendeng Tapa. Lama-kelamaan Cirebon menjadi rame dan berkembang menjadi sebuah desa, dan kemudian nama Caruban (Carub dalam bahasa Cirebon artinya bersatu padu). Diberinama demikian karena disana bercampur para pendatang dari beraneka bangsa diantaranya, Sunda, Jawa, Tionghowa dan unsur-unsur budaya bangsa Arab, agama, bahasa, dan adat istiadat. Kemudian pelafan kata Caruban berubah lagi menjadi Carbon dan kemudian Cerbon.

10 Daftar Tempat Wisata Cirebon yang Harus Anda Kunjungi

Nah, sekarang kita mulai akan membahas tentang tempat-tempat wisata yang harus anda kunjungi saat berada di Cirebon. Yuks mari kita simak seacara seksama.

1. Keraton Kesepuhan Cirebon

Keraton Kesupuhan Cirebon merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang ada di Cirebon yang banyak dikunjungi wisatawan. Menurut sejarah, keraton termegah dan beara yang ada di Cirebon ini di bangun sejak tahun 1529 oleh Pangerean Mas Mochammad Arifin II (cicit dari Sunan Gunung Jati).

Dari segi bangunan anda akan melihat kolaborasi/alkuturasi dari budaya Jawa, Sunda, China, India, Arab dan Eropa. Keberadaan dau patung Macan putih di depan gerbang keraton melambangkan bahwa kesultanan Cirebon merupakan penerus kerajaan Padjajaran serta memperlihatkan pengaruh ajaran agama Hindu pada masa itu.

Disini anda akan melihat benda-benda pusaka milik Kesultan Keraton Kesepuna Cirebon, terlebih bila anda datang kesini pada tanggal 1 Syawal tahun hijriah anda akan melihat sebuah kereta Singa yang hanya kan dikelurakan setahun sekali.

Tidak perlu membayar mahal untuk meinikmati obyek wisata Keraton Kesepuhan Cirebon ini, anda hanya perlu membayar Rp.8000,- saja, dan anda sudah bisa menikati obyek wisata bersejarah ini.

2. Keraton Kanoman.

Selain Keraton Kesepuhan, di Cerebon ada juga Keraton Kanoman. Keraton Kanoman berada tidak jauh dari Keraton Kesepuhan, hanya berjarak 600 meter saja. Keraton Kanoman dibangun oleh Sultan Badaruddin pada tahun 1588. Dari Keraton Kespuhan menuju ke Keraton Kanoman anda akan melewati sebuah pasar tradisional yang menjual sovenir khas Cirebon, yang memudahkan anda untuk mebeli oleh-oleh untuk keluaraga di ruamah.

Disini, anda bisa masuk kedalam musium dan melihat benda-benda peningalan sejarah kesultanan berupa piring-piring antik dari Eropa.

Lokasi Keraton ini berada di Jl. Winaon, Kampung Kanoman, Kel. Lemah Wungkuk, Cirebon. Untuk dapat masuk kedalam Keraton Kanoman anda hanya perlu membayar uang masuk sebesar Rp.5000,- saja, sangat terjangkau bukan.

3. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid ini merupakan bangunan dengan arsitektur yang sangat apik dengan susunan bata merahnya. Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini juaga disebut sebagai masjid Kesepuhan, karena memang letaknya yang berada didalam kompleks Keraton Kesepuhan.

Di halama masjid ini ada sumber air yang kono katanya sama dengan sumber air zam-zam yang ada di Mekkah. Menurut masyarakat sekitar sumber mara air ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dengan cara meminum atau sekedar membasuhkan air nya kewajah.

Satu hal yang menjadi perhatian kami adalah pintu masuk masjid yang dibuat tidak tinggi, sehingga setiap orang yang hendak masuk harus merundukan badanya. Makna dari pintu yang tidak lebih tinggi dari pengunjung ini adalah bahwa setiap yang hendak masuk kedalam masjid harus merunduk dengan maksud menghormati dan mengajarkan etika kesopanan saat akan masuk kedalam Masjid atau rumah ibadah.

4.Taman Sari Gua Sunyaragi

Tempat wisata ini berada di Keluran Sunyaragi, Kesambian. Nama taman ini berasal dari dua suku kata bahasa sansekerta yakni “sunya” yang artinya sepi dan “ragi” yang artinya raga. Tempat ini memang dahulu digunakan oleh raja dan keluarganya sebagai tempat mencari ketenangan.

Taman Sari Gua Sunyaragi, merupakan salah satu cagar budaya yang ada di Cerebon dengan luas sekitar 15 hektar. kontruksi dan komposisi b bangunan situs ini merupakan sebuah taman air. Karena itu taman Sari gau sunyaragi disebut juga dengan taman air gua sunyaragi.

Komplek taman sari gua sunyaragi ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu pasanggrahan dan bangunan gua. Bagian pesangrahan dilengkapi dengan serambi, kamar tidur, kamar mandi, kamar rias, ruang ibadah dan dikelilingi dengan taman dan kolam. Bangunan gua berbentuk gunungan-gunungan dan di lengkapi trowongan penghubung bawah tanah dan saluran air.

Bagian luar kompleks aku bermotif batu karang dan awan. Pintu gerbang luar berbentuk candi bentar dan pintu dalamnya berbentuk paduraksa.

5. Telaga Remis

Telaga Remis adalah sebuah danau di kaki gunung Ciremai, terletak di desa Kaduela, Kuningan Cirebon.  Disini anda akan disajikan dengan alam yang sejuk dan rindang, karena telaga ini di kelilingi pohon-pohon yang tinggi. Airnya pun sangat jernih kehijauan, anda bahkan bisa melihat kedalam dasar telaga ini.

Di tempat ini tersedia banyak rumah makan dengan yang akan menawarkan anda menu sepesial ikan bakar, tak hanya itu anda pun bisa memancing sendiri dan kemudia menyerahkan ke pihak rumah makan untuk di oleh sesuai permintaan anda. jadi buat anda yang hobi makan sekaligus memancing temapat ini adalah tempat yang tepat untuk anda.

Selain itu disini juga tersedia menu makanan yang namanya sama dengan temapt ini, yupz remis, keranga air tawar yang hidup di telaga remis. menjadi olahan yang diburu karena kandungan protein nya yang tinggi.

6. Taman Ade Irma Suryani

Taman Ade Irma Suryani ini berada dekat dengan pelabuhan Cirebon, taman yang menjadi destinasi wista keluarga yang populer di Cerebon ini dulunya bernama Taman Traffic Garden Cirebon. Kemudaian pada tahun 1966 berganti nama menjadi Taman Ade Irma Suryani.

Fasilitas yang ada di Taman Ade Irma Suryani ini antara lain adalah kebun binatang, taman bermain anak, hiburan musik yang di pandu oleh artis-artis ternama Indonesia, wisata pantai, Cirebon Waterland dan masih banyak lagi lainya.

Untuk tiket masuk dibagi menjadi dua bagian, untuk masuk menikmati Taman Ade Irma Suryani anda hanya perlu membayar Rp.15.000,- masih dalam jangkauan bukan. Nah namaun jika ingin menikmati Cirebon Waterland anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp.60.000,- untuk ini sudah termasuk menikmati Taman Ade Irma Suryani.

7. Banyu Panas Palimanan

Tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi pengunjung saat hari libur ini berada di Desa Palimanan Barat, Kecamatan Palimanan, Cirebon. Dari pusat kota Cirebon untuk menuju ketempat ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit perjalanan. Banyu panas Palimana ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, karna air ini mengandung belerang yang baik untuk kulit.

Untuk tiket masuk kedalam tempat wisata ini terbilang sangat murah, anda hanya perlu membayar Rp.4.500, untuk masuk kedala dalam lokasi. Sedang untuk menikmati sensasi air panas anda hanya perlu menambah uang Rp.6000,-. Temapt ini difasilitasi dengan berbagai fasilitas seperti, Gazebo untuk beristirahat, toilet, kamar ganti, kamar bilas, dan masih banyak lainya.

8. Kerajinan Batik trusmi

Disini merupakan salah satu tempat kerajinan batik terbesar yang ada di Cerebon. Nama Trusmi diambi dari salah satu murid Sunan Gunung Jati, yakni Ki Gede Trusmi, bliau adalah seorang pendakwah yang mengenalkan agama Isalm kepada penduduk Cirebon dan sekaligus mengajarkan kepada para penduduk cara membatik.

Ditempat ini bayak menjual batik dengan motif yang berfariasi dan unik. Tempat ini sangat rekomed banget buat anda yang ingin membelikan oleh-oleh untuk keluarga.

9. Telaga Nilam

Pertama melihat telaga ini apa yang muncul dalam fikiran anda? hemmm rasanya ingin bergeas lepas pakaian untuk segera nyebur dan menyelam kan? heheheh apa yang anda fikiran sama dengan yang kami fikirkan.

Telaga Nilam ini berda tak jauh dari Telaga Remis, hanya berkisar jarak 500 meter dari telaga remis. Tempat ini terdapat Gazebo-gazebo yang bisa anda gunakan untuk beristiraht setelah puas berendam dalam telaga.

Sayang nya disini belum tersedia fasilitas yang memadai seperti kamar mandi atau Wc. Disini hanya ada satu warung yang menjual makanan dan minuman.

10. Palutung dan Curung Putri

Palutung dan Curung Putri, adalah salah satu objek wisata alam di Kuningan. Palutung dan Curung Putri merupakan kawasan hutan dan air terjun yang terletak di kaki gunung Ceremai tepatnya di Kecamatan Cigugur, berjarak kurang lebih 10Km dari pusat kota Kuningan.

Palutung dan Curung Putri ini memili luas kurang lebih 5 hektar dan dikelolah oleh perum kehutanan Kuningan.  Adapun fasilitas dini sudah cukup memadai, mulai dari: rafting, camping area, saung, pos jaga, pondok kerja, papan petunjuk, instalasi air bersih, shelter, tempat sampah, bangku, MCK dan musholla. Ditempat ini  anda juga dapat pula bersantai dan menikmati jajanan yang tersedia.

Demikan temtang “10 Daftar Tempat Wisata Cirebon yang Harus Anda Kunjungi” semoga menjadi salah satu daftar destinasi wisata anda saat berkunjung ke Cirebon.