10 Tempat Wisata yang Eksotis di Kepulauan Sulawesi

InfoPariwisata.Com – Indonesia selama ini disebut-sebut sebagai negara kepulauan, karena negara ini terdiri dari banyak sekali pulau yang membentang dari Sabang di ujung Barat hingga kepulau Merauke di ujung Timur. Tak kurang dari 17.000 pulau yang ada di Indonesia baik yang dihuni maupun yang tak berpenghuni.

Dari sekian banyak pulau yang ada di Negara ini, salah satunya adalah pulau Sulawesi. Pulau yang terletak disebelah Barat pulau yang sudah Move On   heheehe alias Kalimantan dan disebelah Timur Kepulauan Maluku ini memiliki banyak destinasi wisata yang eksotis yang sayang bila anda lewatkan saat berkunjung kepulau Sulawesi.

Berikut 10 Tempat Wisata yang Eksotis di Kepulauan Sulawesi:

1. Pantai Losari

siapa yang tak tau dengan pantai satu ini, pantai yang terletak di Ibukota dari Kepulauan Sulawesi Selatan ini telah menjadi icon dari kota Angin mammiri (julukan untuk kota Makassar).

Ditempat ini terdapat tiga ajungan yang akan memanjakan mata anda dengan panorama alam yang berbeda-beda disetiap anjunganya.

Jika anda datang di sore hari saat cuaca sedang cerah, maka anda akan sangat beruntung sekali karena bisa menyaksikan panorama sunset atau matahari terbenam dengan sempurna. Tak lupa tentunya ditemani dengan jajanan khas kota Makassar “Pisang Epe”.

2. Pulau Bunaken  

Pulau yang memiliki luas 8,08 Km ini jangan sampai anda lewatkan ya saat berkunjung ke kepulauan Sulawesi bagian Utara (Manado). Tepatnya di teluk Manado, pesona keindahan taman bawah laut di pulau Bunaken ini sudah tidak diragukan lagi.

Buat anda yang hobi senorkling tempat ini cocok banget buat memuaskan hasrat menyelam anda. Jika anda berangkat dari Manado, anda tidak butuh waktu lama untuk sampai di pulau Bunaken dengan mengunakan kapal cepat. Hanya berkisar 30 menit saja anda sudah sampai di pulau Bunaken.

3. Pantai Lemo

Pantai Lemo ini terletak di daerah Wotu, Sulawesi Selatan Kabupaten Luwu Timur.  Pantai dengan pasir putih, air yang jernih serta dikelilingi pohon kelapa dan deburan obak bersamaan dengan angin yang bertiup semilir ini akan membawa anda dalam perasaan tenang dan damai. Dijamin rasa penat yang ada akan hilang karena pesona keindahanya.

4. Danau Linow

Belum banyak orang yang tau akan keindahan danau yang satu ini. Danau Linow berada wilayah Minahasa, Sulawesi Utara atau lebih tepatnya masuk teritori Kabupaten Tomohon. Kata Linow konon berasal dari bahasa Minahasa yaitu lilinoawan yang artinya tempat berkumpul air.

Waktu perjalanan yang dibutuhkan kurang lebih satu setengah jam bila kita berangkat dari kota Manado. Sesampainya disana kita akan dihidangkan dengan pemandangan air danau yang dapat berubah-ubah mulai dari warna hijau, biru, kuning dan kecoklatan.

Perubahan warna air yang terjadi di danau ini di akibatkan dari adanya unsur belerang yang ada di dalam danau serta pembiasan dan pantulan dari sinar mata hari. Dengan hanya membayar karcis Rp.25.000,-/orang anda sudah bisa menikmati indahnya karya Tuhan yang satu ini, bahkan karcis tersebut bisa anda tukar dengan secangkir kopi dan cookies di kafe.

5. Pulau Lihaga

Pula yang tak berpenghuni ini menyimpan berjuta keindahan yang amat sayang untuk dilewatkan jika anda sedang berkunjung di Sulawesi Utara, tepatnya di Kecamatan Likupang Kabupaten Minahasa Utara.

Hamparan pasir putih yang indah dibarengi dengan air laut yang jernih di bibir pantai ini akan memanjakan mata anda, belum lagi bila anda bersenorkling atau diving anda akan menemukan indahnya surga bawah laut di pulau ini.

Untuk mencapai lokasi dibutuhkan waktu 2 jam dari Manado sampai di pelabuhan terdekat, kemudian perjalanan berlanjut kurang lebih selama 45 menit dengan mengunakan kapal sewaan.

6. Pantai Tanjung Bira

Pantai yang berada sekitar 210 kilometer dari kota Makasar ini dapat anda tempuh dengan perjalanan darat kurang lebih 4-5 jam perjalanan. Pantai Tanjung Bira ini terletak diujung Selatan Sulawesi tepatnya berada di Kecamatan Bonto Bahari Kabupaten Bulukumba.

Pantai ini memiliki tekstur pasir yang lembut merupakan ciri khas dari pantai ini. Pantai Tanjung Bira juga menyajikan pesona alam yang luar biasa, ditempat ini anda bisa menyaksikan pesona indahnya Matahari terbit di pagi hari dan Matahari terbenam saat sore.

Selain itu ditempat ini juga sudah mulai dibangun fasilitas pendukung seperti tempat parkir, penginapan, hotel, villa, bungalow, restaurant dan terdapat juga pelabuhan fery yang bisa anda gunakan jika ingin menjelajah ke pulau sekitar.

7. Taman Nasional Tangkoko

Taman Nasional ini menjadi salah satu kawasan konservasi yang menjadi habitat dari beberapa satwa khas di Sulawesi seperti, Monyet hitam (Macaca niagara) Tarsius (primata terkecil dunia) dan burung Rangkong. Taman Nasional ini terletak di kota Bitung, di Utara Pelabuhan Samudra Bitung tepatnya di kaki gunung Dua Saudara.

8. Bukit Kasih Kananongan

Bukit kasih berada di Kecamatan Kawangkoan Kabupaten Minahasa. Bukit yang satu ini melambangkan akan kerukunan antar umat beragama. Di atas bukit terdapat rumah-rumah ibadah dari bermacam-macam agama yang ada di Indonesia. dan disamping ini adalah sebuah Monumen yang berukirkan 5 agama yang ada di Indonesia.

9. Pulau Samalona

Pulau samalona merupakan pulau eksotis yang letaknya tak jauh dari Pantai Losari. Pulau ini terkenal akan keragaman biota lautnya dan keindahan terumbu-terumbu karangnya.

Pulau yang memiliki luas 2,34 hektar ini sangat rekomed banget buat anda yang hobi menyelam, karena kawasan ini dikelilingi karang-karang laut yang dihuni oleh beraneka ragam ikan-ikan tropis dan biota laut lainya.

Ditempat ini juga tersedia fasilitas berupa penginapan berbentuk rumah pangung yang cukup untuk menampung 20 orang, serta tersedia juga beberapa warung makan yang menyajikan hidangan laut yang masih segar.

10. Museum Balla Lompoa

Puas dengan keindahan-keindahan pulau dan pantai yang ada di Sulawesi gak ada salahnya kita menengok sejarah yang ada di Sulawesi dengan berkunjung ke Museum Balla Lompoa yang berda di jalan Hasanudin No.48 Sungguminasa, Somba Opu, Kanupaten Gowa yang berbatasan dengan kota Makassar.

Museum ini merupakan rekronstruksi dari istana kerajaan Gowa, yang didirikan oleh pemerintahan Raja Goa pada abad ke-31 tepatnya pada tahun 1936 masehi dan direstorasi pada tahun 1978-1980 masehi.

Museum ini berisi benda-benda kebesaran peningalan sejarah kerajaan Gowa sperti mahkota kerajaan, berbagai manuskrip, pakaian adat, senjata sakti, dan berbagai koleksi alat-alat yang menjadi perlengkapan upacara adat kerajaan. Sedangkan arsitektur bangunan ini, berbentuk rumah khas orang Bugis yaitu rumah panggung, yang terbuat dari kayu ulin atau besi.

Demikian sekilas informasi tentang 10 Tempat Wisata yang Eksotis di Kepulauan Sulawesi, semoga bisa menjadi rujukan anda saat berkunjung ke Kepulauan Sulawesi.