10 Tempat Wisata Yang Wajib Anda Kunjungi di Belitung

InfoPariwisata.com – Belitung atau Belitong, dulunya dikenal sebagai Billiton adalah sebuah pulau dilepas pantai timur Sumatra Indonesia. Diapit oleh selat Gaspar dan selat Karimata.

Pulau belitung terbagi menjadi dua Kabupaten, yakni Kabupaten Belitung, dengan ibukotanya Tanjung Pandan, dan Belitung Timur beribukota Manggar.

Belitung bisa dibilang tempat destinasi wisata yang tersembunyi, karena dahulu tidak banyak orang yang atau akan keindahan wisata bahari yang ada di Belitung.

Lain dulu lain sekarang, semenjak munculnya film layar lebar Laskar Pelangi garapan Rere Reza yang mengambil lokasi syuting di Belitung, dan mengambil beberapa termpat yang elok saat perekaman film nya.

Membuat banyak orang mencari tau tentang keindahan alam Bahari yang ada di Belitung.

Untuk itu kami akan berikan sedikit informasi tentang 10 Tempat Wisata Yang Wajib Anda Kunjungi di Belitung

10 Tempat Wisata Yang Wajib Anda Kunjungi di Belitung :

1. Pantai Tanjung Tinggi.

Pantai Tanjung Tinggai merupakan salah satu pantai yang menjadi lokasi Syuting dari film Laskar Pelangi.

dan semenjak dari itu pantai ini selalu menjadi destinasi wisata oleh para traveler baik lokal maupun manca negara.

Pantai ini terletak di sebelah utara Belitung, tepatnya 37 Km dari kota Tanjung Pandan. Pantai dengan ciri khas berpasir putih, dengan air laut yang jernih dan di kelilingi batuan granit dengan ukuran yang besar ini, wajibb anda kunjungi saat singah di Belitung.

2. Pantai Nyiur Melambai.

Pantai Nyiur Melambai terletak di Desa Lalang Kecamatan Manggar, Belitung Timur, pantai yang ramai akan pengunjung ini adalah salah satu tempat wisata terpopuler di Belitung.

Jika pada umum nya pantai dikelilingi oleh pohon kelapa, berbeda dengan pantai ini. Pantai Nyiur Melambai dikelilingi oleh pohon pinus disekitarnya dengan pasir putih khas pantai Belitung.

Garis pantai yang panjang dan teduh akan memanjakan anda untuk bermalas-malasan dibibir pantai Nyiur Melambai.

3. Pantai Tanjung Kelayang.

Temapat wisata Belitung selanjutnya yang tidak kalah indah adalah Pantai Tanjaung Kelayang.

Letaknya berada disebelah Utara pulau Belitung, tepatnya di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung.

Pantai ini memiliki keindahan yang eksotis dan sudah dikenal oleh mancanegara bahkan dunia, sebab di tempai ini pernah diadakan event Internasional yakni “Sail Wakatobi Belitong pada tahun 2011 lalu”.

Selain memiliki keindahan pasir putih serta air yang jernih tempat ini juga memiliki sesuatu yang khas yakni “Batu Kelayang” yang menjadi maskot pada saat acara “Sail Wakatobi Belitong” .

4. Pulau Lengkuas.

Namanya memang seperti bumbu pelengkap masakan mama di dapur yah, heee.

Namun jangan salah masakan mama kurang satu bumbu ini maka akan terasa kurang sedap.

Begitu  juga bila anda sudah datang ke Belitung tapi tak berkunjung kesini maka liburan anda akan terasa kurang lengkap.

Pulau lengkuas, apa sih yang ditawarkan pulau ini? Disini anda akan menikmati indahnya hamparan pantai dari atas mercusuar yang memiliki tinggi kurang lebih 50 meter dari permukaan laut.

Mercusuar yang berdiri sejak masa penjajahan Belanda ini dibangun pada tahun 1882, dan sampai saat ini masih beridiri dengan kokoh.

Pulau Lengkuas terletak di Kecamatan Sijuk, dengan luas area mencapai 1 hektar dan dikelilingi hamparan pasir putih yang landai serta air laut yang sangat jernih terlihat jelas dasar bibir pantainya jika anda melihat dari atas mercusuar.

5. Pulau Memperak.

Terletak di Kecamatan Manggar, Kabupaten Beltung Timur, propinsi Kepulauan Banka Belitung. Pulau Memperak memiliki pasir putih yang halus dan disertai air laut yang bening sebening kaca. Pesisir pantai yang indah yang dihiasi oleh pepohonan kelapa menjulang mengarah kedalam pantai.

Tak hanya itu pulau ini juga memili keindahan bawah laut yang menawan, dengan terumbu karang yang masih alami sehingga banyak terdapat berbagai jenis ikan.

Anda juga dapat melakukan berbagai aktifitas di pulau ini seperti, diving, snorkeling, hiking, memancing dan bahkan berjemur.

Senorkeling terbaik di pulau ini dapat anda lakukan di bagian sebelah Utara, Timur, dan Barat.

Jagan lupa bila anda snorkeling mengunakan alas kaki, karena disini terdapat banyak bulu babi yang tajam.

6. Kawasan Pantai and Resort Bukit Berahu.

Pantai Bukit Berahu Belitung terletak agak tersembunyi di Kaki Bukit Perahu, dan berdekatan dengan Tanjung Tinggi. Lingkungan sekitar pantai ini nampak sangat asri dan terawat.

Untuk menuju kepantai anda harus rela berkorban dengan berjalan menyusuri 96 anak tangga, namun selama perjalanan anda tidak akan merasa berat karena pemandangn yang disajikan pun tak kalah indah dengan pantainya. Anda juga bisa beristirahat sejenak di gazebo-gazebo yang sudah disediakan pengelola.

7. Pantai Parai Tengiri.

Pantai yang mempunyai kontur tanah yang landai dengan obak yang relatif kecil ini berada tak jauh dari Bandar Udara Depati Amir.

Sepertihalnya pantai-pantai lain yang ada di Belitung pantai ini juga memiliki pasir putih dengan tekstur yang lembut dan di kelilingi berbatuan granit dengan ukuran berfariasi.

Panorama pantai yang indah dapat anda saksikan dengan menaiki bebatuan granit tersebut dan menatap kearah laut Cina selatan yang nampak teduh. Anda juga dapat melakukan berbagai macam kegiatan seperti banana boat, parasailing, hingga snorkel di Parai Tenggiri.

Selain itu anda juga dapat memancing dengan menyewa perahu beserta perlengkapan memancingnya. Tak hanya itu di PAntai Parai Tenggiri ini juga dilengkapi dengan fasilitas akomodasi yang lengkap, tersedia hotel hingga ressort yang dapat Anda tempati serta tersedia fasilitas permainan air.

Tiket masuknya sangat terjangkau hanya dengan Rp.25.000.- saja anda akan menikmati pesona indah nya Pantai Parai Tengiri.

8. Air Terjun MArsilla.

Tak hanya memiliki pantai-pantai yang indah Belitung juga memiliki beberapa air terjun yang amat sayang untuk anda lewatkan jika berkunjung ke Kepulauan Belitung.

Yups namanya Air Terjun Marsilla, Air Terjun ini terletak di Kampung Bentaian, Desa Nyuruk, Kecamatan Dendang, Belitung Timur.

gemericik air terjun yang jatuh melalui sela-sela bebatuan terdengan menyejukan dan menangkan hati. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang ingin melepas semua penat setelah beraktifitas sehari-hari.

9. Air Terjun Gurok Beraye.

Ada satu lagi air terjun di Belitung yang tak kalah indah dengan Air Terjun Marsilla, yups namanya Air Terjun Gurok Beraye.

Air terjun ini berada di Wilayah Dusun Air Pegantungan, Desa Kacang Botor, Kecamatan Badau sekitar 32 km dari Kota Tanjung Pandan.

Melihat gambar diatas sudah bisa anda bayangkan indahnya temapt ini, heee

Anda bisa berenang bersama ikan-ikan kecil yeng menjadi penghuni didalam air terjun Gurok Beraye.

10. Danau Kaolin.

Danau Kaolin adalah danau yang memiliki warna dataran yang berwarna putih bersih dengan warna air biru menyala. Berbeda dengan danu Kwah Putih Ciwidey di Bandung yang terbentuk dari kawah gunung berapi, Danau Kaolin ini terbentuk dari bekas tempat pertambangan kaolin yang sudah ditinggalkan kemudian alam menyempurnakan dengan keindahanya.

Sedikit pengetahuan tentang Kaolin. Kaolin adalah suatu mineral sebagai bahan industri seperti kosmetik, kertas, makanan, pasta gigi dan Kaolin digemari karena sifatnya yang halus, putih, kuat, halus serta daya hantarlistrik dan daya hantar panas yang rendah.

Danau Kaolin dapat dicapi dengan mudah, yakni hanya butuh waktu 15 menit dari pusat kota Tanjung Pandan, dan tidak lah susah menemukan tempat ini karena memang temapat ini berada di pinggir jalan.

Demikian dari kami tentang “10 Tempat Wisata Yang Wajib Anda Kunjungi di Belitung” semoga bisa menambah daftar tujuan wisata anda saat liburan dan juga menambah wawasan anda tentang keindahan alam yang ada di negri tercinta Indonesia.

Lihat Juga: