Sifat Bahan Plastik: Jenis, Manfaat Dan Kekurangannya

By | August 10, 2021
Sifat Bahan Plastik: Jenis, Manfaat Dan Kekurangannya
Sifat Bahan Plastik Adalah Paket Murah from paketinteretmurah.blogspot.com

Plastik adalah bahan yang sangat fleksibel dan sering digunakan untuk berbagai macam keperluan. Plastik dihasilkan dari berbagai bahan kimia yang berbeda dan memiliki sifat yang berbeda-beda sesuai dengan bahan kimia yang digunakan. Sifat plastik dapat berupa kuat, lentur, tahan lama, tahan api, tahan air, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah beberapa sifat plastik yang perlu diperhatikan.

Jenis-Jenis Bahan Plastik

Plastik terbagi atas dua jenis utama, yaitu termoplastik dan termoset. Termoplastik adalah jenis plastik yang dapat ditempa atau dicairkan ulang dan termoset adalah jenis plastik yang tidak dapat ditempa atau dicairkan ulang. Jenis-jenis plastik termoplastik antara lain polistirena (Styrofoam), polipropilena (PP), polietilena (PE), polivinil klorida (PVC), poliamida (PA), akrilonitril-butadien-stiren (ABS), dan polikarbonat (PC). Jenis-jenis plastik termoset antara lain silikon, poliuretan (PU), epoksi, dan poliester.

Manfaat Bahan Plastik

Plastik memiliki banyak manfaat yang tidak dapat diabaikan. Salah satu manfaat plastik adalah daya tahan yang lama. Plastik dapat bertahan hingga bertahun-tahun tanpa terkena kerusakan. Bahan ini juga tahan air dan tahan api, sehingga dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Plastik juga ringan dan mudah diproses, sehingga dapat digunakan untuk berbagai produk. Plastik juga ramah lingkungan karena dapat didaur ulang dan digunakan kembali.

Kekurangan Bahan Plastik

Plastik memiliki beberapa kekurangan yang harus dipertimbangkan. Plastik dapat menghasilkan banyak limbah dan dapat menyebabkan polusi. Plastik juga sulit didaur ulang dan dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan. Plastik juga dapat mengubah warna dan aroma jika terpapar sinar matahari terlalu lama. Selain itu, plastik mudah pecah atau retak jika terkena benda tajam atau benda keras.

Penggunaan Bahan Plastik

Plastik dapat digunakan untuk berbagai macam produk, mulai dari benda-benda kecil hingga peralatan berukuran besar. Plastik dapat digunakan untuk produk seperti botol, mangkuk, mangkok, sendok, kotak makanan, piring, dan lain sebagainya. Plastik juga dapat digunakan untuk berbagai macam mainan, peralatan rumah tangga, alat-alat medis, peralatan olahraga, dan lain sebagainya. Plastik juga dapat digunakan untuk berbagai macam aplikasi industri seperti pembuatan komponen mobil, pembuatan konstruksi bangunan, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Plastik adalah bahan yang sangat fleksibel dan multifungsi. Plastik dapat menghasilkan produk-produk yang tahan lama dan tahan air, sehingga cocok digunakan untuk berbagai macam produk dan aplikasi. Namun, plastik juga memiliki beberapa kekurangan seperti dapat menghasilkan limbah yang berbahaya dan dapat menyebabkan polusi. Oleh karena itu, penggunaan plastik harus diatur dengan baik dan dapat didaur ulang untuk mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *